D4 ? S1 ? Kamu Harus Tahu !


Apa bedanya? Dengar baik-baik:

S1 sebagai gelar level 6 KKNI yang berada di jalur Akademik, memiliki orientasi kurikulum yang menekankan teori. Diharapkan lulusan S1 bisa mengembangkan ilmu pengetahuan yang ia geluti sesuai bidangnya.

Sementara D4 sebagai gelar level 6 KKNI yang berada di jalur Vokasi, memiliki orientasi kurikulum yang menekankan praktek. Diharapkan lulusan D4 bisa memiliki kemampuan praktis dan wawasan tentang kerja lapangan yang lebih mantap, sehingga mudah masuk ke dunia kerja.

Setara, tapi tak sama. Sederajad, tapi memiliki arah yang berbeda. Mana yang akan kamu pilih?

Cukup jelas kan? Jadi D4 itu setara dengan S1 menurut KKNI yang telah disahkan oleh Perpres No. 8 Tahun 2012. Perpres itu adalah aturan negara bung, jadi sah dan valid.

Baik S1 maupun D4 sama-sama gelar yang berada pada level 6 KKNI. Berarti, seseorang yang memiliki gelar S1 dan D4, sama-sama diharapkan bisa melakukan hal yang sama, memiliki beban kerja yang sama, dan disamakan pula gajinya.

Misalnya, ada seorang lulusan kampus A yang mendapat gelar S1 Teknik Informatika. Sementara ada orang lain yang lulus dari kampus B dengan gelar D4 Teknik Informatika. Tidak ada bedanya! Mereka sama-sama lulusan Teknik Informatika dengan kompetensi setara level 6 KKNI. Perusahaan tidak perlu lagi mencari kerja dengan mengatakan :

Benar sekali, maka itu lulusan S1 sering ditempatkan di tataran manajemen strategis, karena ia memiliki wawasan teoretik, diharapkan ia mampu merancang rencana strategis perusahaan. Sementara D4 lebih sering berada di jabatan supervisor, alias manajer lapangan, karena kemampuan praktisnya dan wawasannya tentang kerja lapangan yang tidak hanya teori.

Tapi mohon diingat, ini semua kan hanya sebatas konsep antara gelar kuliah dan penempatan kerja. Perkara kamu ingin lebih mantap lagi dalam karir, bisa naik pangkat, jadi CEO, atau bikin perusahaan sendiri, itu kan balik lagi ke usahamu di dunia karier !
jobs fromid.neuvoo.com